ELIZABETH NOVTAPUTRI (21/482979/SV/20031)

Latihan 1

Pertanyaan

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawaban

  1. Sistem Informasi Pembangunan pada dasarnya sekumpulan data yang terintegrasi untuk proses pengambilan keputusan, dalam hal ini tentu pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan karena sistem informasi membantu dalam mengumpulkan, mengelola, menganalisis, dan menyebarkan informasi yang relevan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan efisien dalam berbagai aspek pembangunan. Berikut contoh nya:

  2. a. Sistem Informasi Manajemen Proyek (Project Management Information System - PMIS).

    Sistem Informasi Manajemen Proyek (Project Management Information System - PMIS) dalam konteks Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) adalah suatu solusi teknologi yang digunakan untuk mengelola dan memantau proyek-proyek infrastruktur dan pembangunan yang dikelola oleh kementerian tersebut. PMIS di Kementerian PUPR akan memiliki fitur dan fungsionalitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kompleksitas proyek-proyek infrastruktur yang dikelola oleh kementerian tersebut. Misal saja proyek pembangunan jalan nasional baru pada tahun 2022 tersebut diantaranya ruas Jalan Geumpang – Pameue (Aceh), Pansela Jawa (Jateng, DIY, Jatim), Planjan - Baron –Tepus (DIY), Siding/Seluas – Sekayang/Entikong (Kalbar), Long Pahangai – Long Boh & Long Bagun - Tering (Kaltim), Rasau - Jasa - Bts. Negara (Kalbar), Manado Outer Ring Road III (Sulut), Lingkar Kendari (Sultra), Mamberamo – Elelim dan Jalan Akses Jembatan Holtekamp (Papua), Towe Hitam – Oksibil (Papua).

  3. Karakter saya menurut kategori Myers–Briggs Type Indicator (MBTI) adalah INFP-T. INFP-T sendiri merupakan kepribadian yang lebih suka menyendiri tetapi memiliki ide besar yang dan cenderung berinteraksi dengan dunia dan mengekspresikan diri.